Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMKN TAMAN FAJAR UJI COBA VR CARDBOARD


Perkembangan teknologi yang semakin pesat sangat mempengaruhi dunia pendidikan. Guru harus menguasai berbagai media pembelajaran agar siswa termotivasi untuk belajar. Terlebih saat masa pandemi seperti sekarang ini, guru dituntut agar lebih kreatif dalam menyajikan pembelajaran agar siswa tidak merasa jenuh. Salah satunya dengan menerapkan aplikasi pembelajaran berbasis Virtual Reality

Virtual Reality adalah teknologi yang dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Dalam teknisnya, Virtual Reality digunakan untuk menggambarkan lingkungan tiga dimensi yang dihasilkan oleh komputer dan dapat berinteraksi dengan seseorang. Dengan memanfaatkan media Virtual Reality ini, pembelajaran akan lebih menarik, inovatif, dan memberikan imajinasi lebih bagi siswa dalam belajar.

Saat ini pembelajaran berbasis VR sedang berlangsung pada 100 sekolah pionir di seluruh Inonesia. Millealab adalah sebuah platform Virtual Reality untuk pendidikan dan pelatihan melalui sistem cloud-based yang menghubungkan institusi – pengajar – siswa dan orang tua. Dengan Millealab kita bisa membuat konten VR berbasis edukasi dengan mudah, cepat dan murah. Berbekal pengalaman melatih ribuan guru di Indonesia untuk membuat konten VR Pendidikan, Millealab bekerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia DKI Jakarta, SEAMEO SEAMOLEC, Pigijo, dan DailySocial meluncurkan program “100 Sekolah Pionir VR Indonesia”.

Millealab sebagai satu-satunya produk cloud basedplatform VR untuk pendidikan di Indonesia, yang dikembangkan oleh anak bangsa dari SHINTA VR. Dengan menggunakan Millealab, para guru dapat membuat konten pembelajaran berbasis VR mereka sendiri tanpa harus menggunakan bahasa programming dan tanpa harus menggunakan komputer yang mahal.

Salah satu hal yang menarik dari platform Millealab sebagai aplikasi berbasis VR yaitu mempunyai fungsi classroom. Para guru dapat berbagi konten pembelajaran VR beserta kuis-kuis didalamnya dengan sangat cepat dan mudah. Millealab yakin bahwa salah satu solusi efektif bagi sekolah-sekolah saat ini adalah penggunaan massif teknologi VR dan 3D interaktif. Selain itu, Penggunaan VR Platform Millealab sebagai aplikasi pembelajaran berbasis VR, hanya membutuhkan maksimal kuota sebanyak 150 Mb saja. Tentu lebih hemat daripada penggunaan aplikasi video conference.

SMKN Taman Fajar merupakan salah satu dari 100 sekolah pioner yang mendapatkan kesempatan memperoleh pelatihan dan mendapatkan VR Cardboar untuk mengujicoba konten pembelajaran. Saat ini SMKN Taman Fajar sedang mengujicobakan VR Cardboard pada proses belajar mengajar yang disambut antusias oleh siswa. Kepala sekolah SMKN Taman Fajar, Bapak Nurdin, S.Pd.,MA., sangat mendukung dan mengapresiasi  program ini. Beliau bahkan ikut mencoba dan merasakan sensasi menggunakan VR Cardboard dengan konten yang telah dibuat oleh guru.

Catatan: Postingan ini sudah dinaikan di website lama SMKN Taman Fajar pada tanggal 10 Mei 2020

Posting Komentar untuk "SMKN TAMAN FAJAR UJI COBA VR CARDBOARD"